Khasiat Air Lemon untuk Asam Urat

Khasiat Air Lemon untuk Asam Urat


Asam urat adalah jenis penyakit yang muncul akibat tubuh kelebihan zat purin. Zat purin sendiri memang didapatkan secara alami di dalam tubuh, namun bisa juga didapatkan dari makanan atau minuman yang mengandung zat purin.

Purin diolah oleh tubuh menjadi asam urat. Karena itu, jika purin dalam tubuh berlebihan, maka asam urat yang terbentuk juga akan lebih banyak. Jika tubuh kelebihan kadar asam urat, maka ginjal akan mengalami kesulitan untuk mengeluarkannya.


Alhasil, terjadilah penumpukan asam urat di sendi. Sehingga, sendi terasa nyeri, radang dan membengkak. Selain mengandalkan obat dari dokter, untuk mengatasi asam urat ternyata air lemon bisa diandalkan. Bagaimana cara menggunakan air lemon sebagai obat asam urat? Simak penjelasannya berikut ini.

Khasiat Air Lemon untuk Asam Urat


Meski rasa asam dari lemon bisa membuat tubuh semakin asam, tapi sebenarnya lemon memiliki efek alkalin dan bisa menetralkan kadar asam urat. Di samping itu, kandungan vitamin C pada lemon juga bisa menurunkan kadar asam urat.

Berikut cara mengatasi asam urat dengan air lemon :

  • Peras air dari 1 buah lemon
  • Masukan perasan air lemon ke dalam gelas yang sudah diisi air hangat
  • Minum air lemon ini di pagi hari ketika perut kosong
  • Minum setiap hari selama beberapa minggu
Atau Anda juga dapat mengonsumsi suplemen vitamin C, untuk tahu dosis yang tepat dan kecocokan dari suplemen, Anda dapat berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter Anda. Nah, itulah informasi mengenai khasiat air lemon untuk asam urat. Semoga membantu.

Komentar