Olahraga Mata yang Bisa Dilakukan Setiap Hari

Olahraga Mata yang Bisa Dilakukan Setiap Hari


Ingin mendapat mata yang sehat dengan cara mudah dan dapat dilakukan setiap hari? Mulailah melakukan olahraga mata. Gerakan dalam olahraga mata dapat dilakukan sambil duduk dan ternyata hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja!


Olahraga mata bisa membuat mata lebih nyaman, mencegah penglihatan buram, mengatasi mata lelah dan membuat penglihatan menjadi lebih fokus. Kegiatan ini sangat bermanfaat, terutama bagi Anda yang sering beraktivitas di depan layar komputer.

Bagi sebagian orang, olahraga mata bermanfaat mencegah minus pada mata bertambah. Olahraga mata sendiri bisa dilakukan dengan mudah dan tak memerlukan banyak tenaga. Berikut tiga gerakan olahraga mata yang bisa dilakukan sambil duduk, antara lain:

  • Ubah Fokus dari Jarak Dekat ke Jarak Jauh
Gerakan olahraga mata yang bisa dilakukan adalah mengubah fokus jarak dekat ke jarak yang jauh. Pertama-tama, letakan ibu jari dengan jarak kurang lebih 25 cm didepan mata dan fokuskan pandangan Anda ke ibu jari selama sekitar 15 detik.

Setelah itu, alihkan pandangan Anda kepada objek lain dengan jarak sekitar 25-50 cm dan fokuslah pada objek tersebut selama sekitar 15 detik. Lakukan kedua hal ini secara bergantian sebanyak 5 kali.

  • Fokus pada Objek Tertentu
Berusaha untuk fokus pada objek lain yang kecil juga dapat dilakukan di sela-sela aktivitas Anda. Caranya, letakan pensil didepan hidung.

Fokuslah pada bagian ujung pensil, kemudian pelan-pelan gerakan pensil ke sisi kanan dan kiri wajah. Tetap fokuskan pandangan Anda pada pensil tersebut tanpa menolehkan wajah. Lakukan cara ini sebanyak 3 kali.

  • Visualisasikan Angka 8
Caranya mudah, duduk dan menatap lurus ke lantai. Kemudian tentukan satu titik yang akan menjadi fokus Anda. Setelah itu, gerakan mata untuk membentuk pola angka 8. Lakukan cara ini sekitar 30 detik.

Selain melakukan olahraga mata, Anda juga bisa menjaga kesehatan mata dengan rutin makan makanan yang mengandung omega 3, vitamin E, vitamin C, lutein dan zinc. Disarankan juga untuk memakai kacamata hitam saat beraktivitas di siang hari. Bagi Anda yang berusia 20-39 tahun, ada baiknya melakukan pemeriksaan mata ke dokter tiap 5-10 tahun.

Luangkan waktu Anda setiap hari untuk melakukan olahraga mata supaya mata bisa tetap sehat. Bila Anda mengalami keluhan pada mata atau memerlukan saran lebih lanjut tentang kesehatan mata, jangan ragu untuk bertanya atau berkonsultasi ke dokter mata.

Komentar