Penyebab Kadar Kreatinin Menjadi Tinggi

Penyebab Kadar Kreatinin Menjadi Tinggi



Kreatinin merupakan salah satu produk limbah dari sisa metabolisme tubuh. Kreatinin ada di dalam darah dan akan dikeluarkan bersama urine.

Jika kreatinin ini tidak dapat dikeluarkan atau kadarnya terlalu tinggi, maka hal tersebut bisa menjadi tanda bahwa ginjal mengalami gangguan atau kerusakan. Kondisi ini tentu saja harus diwaspadai. Lantas apa yang membuat kadar kreatinin menjadi tinggi?

Ada beberapa kondisi yang ternyata dapat meningkatkan kadar kreatinin dan Anda harus mengetahuinya. Berikut beberapa penyebab kadar kreatinin menjadi tinggi yang harus diketahui.

  • Penyakit Ginjal


Salah satu penyebab kadar kreatinin menjadi tinggi yaitu penyakit ginjal. Ginjal yang mengalami gangguan tentu akan memiliki kinerja yang tidak normal. Sehingga kemampuannya untuk menyaring kreatinin dan zat limbah lainnya pun jadi berkurang. Filtrasi glomerular di ginjal tidak dapat berjalan normal sehingga memicu kadar kreatinin menjadi tinggi.

  • Kerusakan otot
Otot yang rusak ternyata bisa membuat kadar kreatinin menjadi tinggi. Rusaknya otot bisa membuat kandungan darah tercemar oleh banyak limbah. Hal ini akan membuat ginjal bekerja lebih keras. Dan pada kondisi tertentu, hal ini dapat membuat kadar kreatinin menjadi tinggi.

  • Makanan yang mengandung protein tinggi
Kadar kreatinin menjadi tinggi bisa juga disebabkan karena banyak mengasup makanan yang mengandung protein tinggi. Makanan yang kaya kandungan protein diduga bisa meningkatkan kadar kreatinin dalam tubuh. Contoh makanan yang kaya kandungan protein adalah daging.

  • Hypothyroidism
Kondisi yang tidak normal di area kelenjar tiroid juga bisa mempengaruhi fungsi ginjal. Salah satunya yaitu Hypothyroidism. Gangguan ini bisa menurunkan fungsi ginjal dalam menyaring darah. Dengan begitu, limbah darah tidak bisa dikeluarkan secara normal. Kondisi ini menyebabkan kadar kreatinin jadi tinggi.

  • Suplemen Kreatinin
Suplemen kreatinin adalah salah satu jenis suplemen yang kerap dikonsumsi oleh para atlet guna memperkuat ototnya. Namun pengonsumsian suplemen kreatinin dalam jangka panjang ternyata bisa meningkatkan risiko peningkatan kadar kreatinin dalam darah, ginjal dan juga urine.

Jadi itulah berbagai penyebab kadar kreatinin menjadi tinggi yang perlu Anda ketahui. Bila kadar kreatinin Anda sangat tinggi, maka disarankan untuk segera mencari cara untuk menurunkannya guna menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan.

Komentar