Makanan Lezat yang Bantu Turunkan Gula Darah

Gula darah adalah bahan bakar dalam tubuh yang memiliki fungsi sebagai energi untuk kerja otak, sistem saraf dan organ tubuh. Gula darah bisa dihasilkan dari beberapa makanan seperti protein, lemak dan karbohidrat.

Meski gula darah bisa dihasilkan dari beberapa makanan, ternyata ada juga lho makanan yang bisa menurunkan kadar gula darah. Salah satunya alpukat. Makanan lezat yang satu ini bisa meningkatkan kinerja hormon insulin.


Hormon insulin adalah hormon yang akan membantu menstabilkan gula darah. Alpukat bahkan bisa menurunkan resiko sindrom metabolik, pemicu utama penyakit diabetes. Selain alpukat, apa lagi makanan yang bisa membantu menurunkan gula darah?

  • Ikan yang Mengandung Omega 3
Ikan yang mengandung omega 3 bagus untuk kesehatan terutama untuk menstabilkan gula darah. Ikan yang disarankan untuk dikonsumsi antara lain ikan kembung, salmon, tuna, trout dan halibut.

  • Kakao
Ternyata kakao bagus lho untuk menurunkan kadar gula yang berlebihan dalam tubuh. Kakao yang dipakai untuk menurunkan gula darah adalah benih kakao yang mengandung protein, antioksidan dan flavanol. Meskipun rasanya cukup pahit tapi sangat bagus untuk menurunkan gula darah.

  • Bawang putih
Bawang putih memiliki potensi menurunkan kadar gula darah tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi bawang putih sebelum makan besar dinilai efektif menstabilkan gula darah.

  • Telur
Meski mengandung kolesterol yang cukup tinggi, telur mengandung protein yang bisa menstabilkan kadar gula darah. Konsumsi telur juga bisa membuat Anda mudah kenyang. Hal ini bagus agar Anda tidak mengonsumsi makanan lainnya secara berlebihan.

Sebagai saran, olah telur dengan cara direbus dan konsumsi telur secukupnya. Mengingat, telur mengandung kolesterol tinggi yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

  • Sayuran hijau yang kaya serat
Sayuran hijau seperti kubis, selada, lobak dan bayam diperkaya serat, magnesium dan vitamin A. Ketiga nutrisi inilah yang dapat menurunkan gula darah tinggi. Jika Anda mengonsumsi 1 piring sayuran setiap hari, Anda bisa menurunkan resiko naiknya gula darah sebesar 14%.

  • Lemon
Buah yang satu ini diperkaya kandungan serat dan vitamin C yang efektif mengatur gula darah dalam tubuh. Perasan lemon juga bisa menurunkan gula darah tinggi.

Itulah makanan lezat yang sekaligus bisa menurunkan kadar gula darah tinggi. Mau coba yang mana dulu?

Komentar