Penyebab Kanker Paru Paru

Penyebab Kanker Paru Paru


Kanker paru paru adalah jenis penyakit yang cukup berbahaya karena bisa mengancam nyawa. Meski begitu, dibandingkan jenis kanker lainnya, kanker paru paru lebih mudah dicegah dan diobati. Di Indonesia sendiri, penyakit ini umum ditemukan.


Berdasarkan jenis selnya, kanker paru paru dibagi menjadi dua jenis yaitu kanker paru paru sel kecil (SCLC) dan kanker paru paru non sel kecil (NSCLC). Umumnya, kasus kanker paru paru non sel kecil lebih banyak diderita. Sedangkan kanker paru paru sel kecil cenderung dialami oleh perokok berat.

Merokok atau asap rokok bisa dibilang penyebab utama munculnya kanker paru paru. Ada sekitar 85% pengidap kanker paru paru mempunyai kebiasaan merokok. Tapi tak semua pengidapnya adalah perokok. Orang yang terpapar atau menghisap asap rokok pun mempunyai peluang terkena kanker paru paru. Agar lebih jelas, mari simak beberapa penyebab kanker paru paru berikut ini.

  • Benzopyrene
Benzopyrene adalah salah satu daftar polutan berbahaya yang bisa menyebabkan kanker paru paru. Benzopyrene bisa ditemukan dalam sisa hasil pembakaran seperti asap rokok, asap kendaraan, asap pabrik dan asap pembakaran hutan.

Senyawa organik yang satu ini mempunyai sifat karsinogenik yakni sifat yang bisa mengendap dan merusak organ paru paru hingga berlubang dan bahkan menyebabkan kanker.

  • Zat kimia
Beberapa pekerjaan yang erat kaitannya dengan zat kimia mempunyai resiko lebih tinggi terkena kanker paru paru. Karena zat kimia seperti abses, senyawa nikel, radon, arsenik, limbah diesel, eter chloromethyl serta produk batubara memiliki sifat karsinogenik. Zat ini susah terdeteksi dan juga mudah tercampur dengan udara yang dihirup.

  • Riwayat keluarga dan kesehatan
Bila didalam keluarga Anda ada anggota yang pernah idap kanker paru paru maka peluang untuk mengalami hal yang serupa sangatlah besar. Tapi Anda bisa mencegahnya dengan menghindari faktor resiko.

Selain faktor keluarga, riwayat kesehatan seperti pernah idap penyakit paru obstruktif kronik atau PPOK, bronkitis kronis dan TBC ternyata bisa memperbesar peluang terkena kanker paru paru.

  • Pola makan buruk
Sebetulnya tubuh mempunyai mekanisme alami untuk memperbaiki sel yang rusak akibat paparan zat kimia atau polusi udara. Tapi, tubuh tak akan bisa melakukan perbaikan bila Anda menerapkan pola hidup tak sehat serta punya pola makan buruk.

  • Lanjut usia
Orang yang sudah memasuki lanjut usia mempunyai resiko terserang kanker paru paru cukup besar.

Jadi itulah sejumlah penyebab kanker paru paru yang harus Anda waspadai. Semoga bermanfaat!

Komentar